Kamis, 06 September 2012

Adu Bagong (Anjing VS Babi Hutan)

ilustrasi
Adu bagong, adakah yang pernah melihat salah satu seni ketangkasan tradisional khas jawa barat terserbut?? saya sendiri merupakan salah seorang yang lumayan menyukai seni ketangkasan adu bagong. Ngadu Bagong dapat dikategorikan sebagai hiburan rakyat khusunya di daerah Jawa Barat, Seni ketangkasan ngadu bagong dapat ditemui di beberapa daerah seperti Sumedang, Garut, Ciamis Kabupaten Bandung dan masih banyak daerah lainnya.
Saya sendiri tidak tahu pasti sejak kapan kegiatan adu bagong pertama kali dipertontonkan, dan jangan salah sangka adu bagong bukan mempertarungkan bagong (babi hutan) dengan bagong, tapi tontonan menarik tersebut memperagakan pertarungan antara babi hutan dengan anjing. Bukan pula jenis anjing sembarangan yang ditarungkan melainkan jenis anjing peranakan yang memiliki sifat agresifitas tinggi serta memiliki postur 2 sampai 3 kali lipat dari anjing lokal jenis anjing favorit dan menjadi andalan dalam adu bagong biasanya American Pitbull Terrier yang di negara asalnya Amerika anjing tersebut dijadikan anjing penjaga yang dapat diandalkan. 
Kegiatan tersebut menjadi lebih menarik karena selain mempertontonkan kelincahan aksi saling serang kedua jenis binatan agresif tersebut juga dalam pelaksanaannya ada musik tradisional pengiring untuk menyemangati sang petarung. Pertarungan anjing vs babi hutan tersebut dilakukan dalam gedeg (Kandang dari bambu dengan ukuran 7x6 meter) dengan lantai tanah dan berair, setiap penonton diberi kewajiban untuk membayar ongkos pertunjukan adu bagong sebesar Rp.3,500 /orang. itulah sebabnya mengapa saya bilang adu bagong merupakan hiburan rakyat, lha wong mau cari bioskop susah, mau ke emoolll juga jauh ya inilah alternatif hiburan bagi masyarakat yang murah meriah.
Saya sendiri sering menyaksikan adu bagong di Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang (kampuang halaman), rutin setiap hari minggu kegiatan tersebut dilaksanakan.
Itu coretan saya terkait Seni kegiatan tradisional ngadu bagong, jika sobat blogger penasaran sekali waktu boleh lah ikut nonton bareng aneee......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar